Jakarta - Hadirkan 71 Legenda Kuliner Indonesia, FJB Dihadiri 90.000 Penikmat Kuliner Nusantara. Kecap Bango produk Unilever Indonesia kembali menggelar event Festival Jajanan Bango (FJB). FJB tahun 2015 ini digelar di kota Yogyakarta yang dihadiri sekitar 75.000 pecinta kuliner dan Surabaya melalui ragam hidangan autentik dari Barat hingga Timur Nusantara. Dan puncaknya, digelar di di Parkir Barat Senayan, Jakarta, pada hari Minggu, 14 Juni 2015 yang dihadiri sekitar 90.000 penikmat kuliner Nusantara.
Nuning Wahyuningsih, Senior Brand Manager Bango, mengatakan FJB di Jakarta ini diikuti sebanyak 71 legenda kuliner Indonesia yang telah teruji kelezatan dan ketenarannya untuk memanjakan lidah para pecinta kuliner Indonesia. Mereka diajak untuk berpetualang menjelajah khasanah kuliner Nusantara, mulai dari area Indonesia Bagian Barat, Indonesia Bagian Tengah, hingga Indonesia Bagian Timur.
Kemeriahan Festival Jajanan Bango (FJB) 2015 - Jakartaforum.co.id/Foto@Rudi |
“Tahun ini kami memiliki misi besar untuk mendorong kecintaan dan kebanggaan masyarakat luas terhadap ragam kekayaan warisan kuliner Nusantara. Tema Festival Jajanan Bango tahun ini adalah Persembahan Kuliner dari Barat ke Timur Nusantara yang berarti untuk mengangkat kembali kebanggaan masyarakat Indonesia akan kekayaan ragam kuliner Nsantara,” ujar Nuning kepada Jakartaforum di Parkir Barat Senayan, Jakarta, Minggu kemarin.
Uniknya, kata Nuning, pihaknya juga menghadirkan 3 legenda kuliner yang menjadi jawara di ajang World Street Food Congress 2015 di Singapura yakni Gudeg Yu Nap, Kupat Tahu Gempol, dan Ayam Taliwang Bersaudara.
“World Street Food Congress 2015 diadakan pada bulan April 2015. Event itu diikuti 12 negara. Disana itu penilaiannya sangat ketat, seperti kebersihan, tata letak makanan di dalam kulkas, dan lain-lain. Kalau menurut mereka tidak bagus maka akan dicoret disuruh pulang. Untungnya kita mempunyai nilai plus dari kesiapan dokumen dan sumber daya manusia,” kata Nuning sumringah.
Nuning menambahkan, di event FJB tahun ini, pihaknya menobatkan 10 Jagoan Kuliner Nusantara yang merupakan penjaja kuliner favorit pilihan masyarakat Indonesia. Selama beberapa bulan menjelang pelaksanaan FJB, masyarakat melakukan voting untuk legenda kuliner Nusantara favorit mereka melalui tiga saluran digital yakni Facebook fanpage Bango Warisan Kuliner, Mobile Application Warisan Kuliner, dan website www.bango.co.id.
“Dari pilihan 50 legenda kuliner asal Barat, Tengah hingga Timur Nusantara yang dipilih oleh Bango, 10 legenda kuliner dengan pemilih terbanyak telah dinobatkan sebagai 10 Jagoan Kuliner Nusantara, dan 7 di antaranya dihadirkan di Festival Jajanan Bango di Jakarta ini,” imbuh Nuning.
Sementara itu, Jeffry Sie selaku pemilik warung makan Gudeg Yu Nap menyatakan, dari sore hingga malam hari antrian panjang tidak pernah berhenti menikmati kuliner olahannya itu. “Saya bangga betul rasanya, ternyata bukan hanya orang Indonesia saja yang suka makan Gudeg, namun kuliner khas Nusantara kita ini laku keras di ajang internasional di Singapura. Ini harus jadi kebanggaan kita bersama,” tutur pria yang membangun usaha gudeg bersama Mbakyu Zaenab di Bandung sejak tahun 2006.
Hal itu dibenarkan oleh KF Seetoh selaku petualang dan pengamat kuliner dunia. Pria berkebangsaan Singapura ini terkenal sebagai pembawa acara kuliner bertema The Food Surprise yang ditayangkan di Travel Channel Asia (TLC Asia). Pria ini blusukan ke berbagai negara mencari ragam kuliner terlezat.
“Kuliner Indonesia sangat unik dan kaya akan rasa dan warna budaya,” kata KF Seetoh. @Rudi