Jakarta - Grup Lippo Resmi Umumkan Penunjukan Emirsyah Satar Sebagai Chairman, Grup Lippo (“Lippo”) hari ini resmi mengumumkan penunjukan Emirsyah Satar sebagai Chairman MatahariMall.com (MatahariMall) dan Lippo Board of Management. Emirsyah Satar yang sebelumnya menjabat sebagai Presiden dan CEO maskapai terdepan Indonesia, Garuda Indonesia, diyakini akan memperkuat tim MatahariMall yang terdiri atas Hadi Wenas sebagai CEO dan Rudy Ramawy sebagai Vice Chairman.
Setelah menyelesaikan gelar sarjana akuntansi dari Universitas Indonesia dan program akademik di Sorbonne University Paris, Emirsyah Satar memulai karirnya di industri keuangan sebagai auditor di Price Waterhouse Cooper. Dalam waktu yang singkat, beliau menduduki posisi penting di beberapa perusahaan multinasional seperti Citibank N.A, Jan Darmadi Group, Niaga Finance, Hong Kong dan Bank Danamon Tbk. Pada tahun 1998, beliau kembali ke Indonesia untuk menjadi EVP Finance (CFO) Garuda Indonesia. Di Garuda Indonesia, ia berperan penting dalam proses restrukturisasi keuangan maskapai yang terjadi pada tahun 2001.
Setelah menyelesaikan gelar sarjana akuntansi dari Universitas Indonesia dan program akademik di Sorbonne University Paris, Emirsyah Satar memulai karirnya di industri keuangan sebagai auditor di Price Waterhouse Cooper. Dalam waktu yang singkat, beliau menduduki posisi penting di beberapa perusahaan multinasional seperti Citibank N.A, Jan Darmadi Group, Niaga Finance, Hong Kong dan Bank Danamon Tbk. Pada tahun 1998, beliau kembali ke Indonesia untuk menjadi EVP Finance (CFO) Garuda Indonesia. Di Garuda Indonesia, ia berperan penting dalam proses restrukturisasi keuangan maskapai yang terjadi pada tahun 2001.
Emirsyah Satar (Chairman MatahariMall.com) |
Pada tahun 2003, Emirsyah Satar meninggalkan Garuda Indonesia untuk menjabat sebagai Deputy CEO Bank Danamon. Dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2005, ia kembali bergabung bersama Garuda Indonesia sebagai Presiden dan CEO Garuda Indonesia. Pada saat itu, ia merupakan CEO termuda di Asia Pasifik dalam industri penerbangan. Di bawah kepemimpinannya, maskapai ini mendapatkan berbagai penghargaan dari institusi terkemuka di seluruh dunia.
“Kami yakin Emirsyah Satar beserta pengalamannya yang luas di berbagai industri dapat memberikan perspektif yang bernilai dan unik bagi MatahariMall. Dengan kehadiran Emirsyah Satar, kami selangkah lebih dekat dengan tujuan MatahariMall untuk menjadi perusahaan eCommerce terdepan di Indonesia,” tambah John Riady, Direktur Grup Lippo, terkait penunjukan ini.
Chairman yang baru ditunjuk MatahariMall ini akan memberikan kredibilitas yang signifikan untuk rencana Lippo dalam mendominasi pasar eCommerce Indonesia. Pada Maret 2015, Lippo mengumumkan penanaman modal sebesar US$500 juta untuk membangun perusahaan eCommerce dengan transaksi penjualan sebesar US$1 miliar – terbesar di Indonesia – dan akan menjadi Alibaba versi Indonesia.
“Saya percaya bahwa penetrasi internet yang tumbuh pesat akan berpengaruh pada perkembangan eCommerce, menjadikannya sebagai salah satu penyetara ekonomi yang paling efektif di Indonesia. Dengan komitmen tinggi, dukungan dari tim yang luar biasa, dan posisi sebagai perusahaan ritel multi-format di Indonesia, Lippo berada di posisi strategis untuk mewujudkan MatahariMall menjadi perusahaan eCommerce terbesar di Indonesia,” ungkap Emirsyah Satar. “Oleh karena itu, saya merasa bersemangat dan terhormat atas penunjukan ini, dan ingin segera memberikan kontribusi untuk kesuksesan perusahaan.”
Grup Lippo masuk ke ranah eCommerce di saat yang tepat. Ekosistem digital Indonesia sedang berada di titik critical inflection. Tahun ini, penetrasi Internet akan melampaui 30%. Jumlah penjualan ritel online hanya sebesar 0.7% dari total penjualan ritel, namun diproyeksikan akan tumbuh sepuluh kali lipat dalam lima tahun mendatang. Ritel online sedang tumbuh pesat di luar Jakarta, dan di sanalah Lippo memiliki posisi terkuat.
Selain menyajikan ragam pilihan produk terbesar, MatahariMall juga ditunjuk sebagai satu-satunya (eksklusif) situs belanja yang akan menjual produk dari sejumlah merek terpopuler di Indonesia. MatahariMall juga merupakan perusahaan eCommerce O2O (Online-to-Offline) terbesar di Asia Tenggara, yang memungkinkan para pelanggan untuk membayar, mengambil, dan mengembalikan produk di 132 cabang Matahari Department Store yang tersebar di seluruh Indonesia.