Jakarta Forum, MRT Jakarta Serahkan hasil Pembangunan Halte TransJakarta Karet Baru. Manajemen PT MRT Jakarta hari Jumat (6/6/2014) menyerahkan secara resmi hasil pembangunan Halte TransJakarta Karet Baru kepada Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta untuk digunakan melayani masyarakat. Pembangunan Halte TransJakarta Karet Baru ini dilakukan untuk menggantikan Halte Karet Lama dan Halte Setiabudi yang ditutup karena berada dilokasi pembangunan stasiun bawah tanah Proyek MRT Jakarta.
MRT Jakarta Serahkan hasil Pembangunan Halte TransJakarta Karet Baru
Sebagai konsekuensi dari pekerjaan proyek MRT Jakarta di koridor Sisingamangaraja-Sudirman-Bundaran HI, maka beberapa halte TransJakarta mengalami perubahan, antara lain dibangunnya Halte Karet Baru menggantikan Halte Setiabudi dan Halte Karet Lama, serta perubahan posisi Halte Senayan dan Polda.
Liputan Nurhidayat/JF |
Halte bus TransJakarta Karet (baru) sudah mulai dilakukan uji coba sejak tanggal 27 Mei 2014 lalu, dan telah diresmikan untuk beroperasi dan memberikan layanan penuh mulai Jumat 6 Juni 2014 ini. Halte yang berlokasi di depan Hotel Le Meridien ini merupakan halte bersifat permanen yang dibangun sebagai pengganti Halte Karet (lama) dan Setiabudi yang ditutup untuk digunakan
keperluan pekerjaan persiapan konstruksi pembangunan stasiun MRT Bendungan Hilir dan Setiabudi.
Direktur Utama PT MRT Jakarta, Dono Boestami menjelaskan bahwa Halte baru (Karet) ini merupakan halte gabungan sebagai kompensasi atas ditutupnya dua halte TransJakarta, yaitu halte Karet (lama) dan Setiabudi, yang didesain lebih terbuka agar lebih lapang untuk menampung jumlah penumpang yang lebih banyak.
Halte yang mulai dibangun sejak April 2014 ini memiliki bentuk yang lebih panjang dari model halte yang lama. Halte Karet baru ini memiliki panjang sekitar 45m dan lebar 5m. Terdapat 6 buah pintu pada masing-masing sisi, memungkinkan halte melayani 2 (dua) bus TransJakakarta pada saat bersamaan untuk naik-turun penumpang secara berurutan pada waktu bersamaan. Selain itu, desain halte yang sebagian terbuka ini membuat bangunan menjadi lebih hemat energi dan lebih leluasa karena pertukaran udara yang lebih bebas.
"Kami juga telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan PT TransJakarta perihal penutupan kedua halte tersebut dan pengoperasian halte Karet Baru," jelas Dono Boestami
Selain Halte Transjakarta Karet Baru, saat ini masih berlangsung pekerjaan pembangunan Halte Bundaran dan Halte Polda. Pada prinsipnya lokasi kedua halte busway tersebut tetap sama, hanya terjadi perubahan lokasi bangunan Halte menjadi ke arah Selatan pada Bundaran Senayan kearah Utara pada Halte Polda. Perubahan lokasi bangunan halte Busway tersebut dilakukan karena lokasi yang ada saat ini akan digunakan untuk area pekerjaan konstruksi skala besar proyek MRT. diperkirakan pekerjaan akan selesai pada 20 Juni 2014
Sementara itu, diperkirakan mulai pertengahan bulan Juni 2014, di sepanjang Jl. Sisingamangaraja akan dimulai dilakukan pembangunan Halte TransJakarta disisi Barat Timur jalan tersebut. Halte yang akan dibangun ini merupakan halte pengganti untuk lokasi halte busway yang terletak di medan jalan, dimana akan digunakan sebagai area kerja konstruksi proyek MRT untuk jalur layang (Clevated). Nurhidayat/JakartaForum